06 November 2012

Membuat Bola Kristal dari Ms Word


Siapa yang tak kenal Microsoft Office Word? Salah satu software pengolah kata yang dikeluarkan Microsoft Corporation. Microsoft Word masyhur seiring dengan kemunculan Operating System Windows, mengalahkan pendahulunya semisal WordProcessor, WordStar, Chiwriter dan software-software semacamnya di masa jadul.
Dengan tampilan warna-warni, kemudahan pengoperasian, dan bermacam fasilitas terus dikembangkan oleh Microsoft Corporation, nampaknya belum ada yang mampu menyainginya. Bahkan, Officer yang beroperasi di Linux sedikit banyak meniru dari Microsoft Office Word.
Namun mungkin selama ini kita mengenal Microsoft Office Word atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ms Word hanya sebatas software untuk mengetik surat, cerita, atau pekerjaan kantoran lainnya. Pernahkah Anda mencoba untuk membuat design gambar menggunakan Ms Word? Jawabnya beragam. Bila kita mampu mengoptimalkan kemampuan Ms Word, maka kita bisa membuat gambar atau design yang tak kalah bagusnya dengan software-software yang memang dikhususkan untuk urusan design.
Di sini saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya miliki, mudah-mudahan bermanfaat.
Kali ini saya akan mencoba membuat efek bola kristal pada bola billyard dengan menggunakan Ms Word. Semua langkah ini saya lakukan menggunakan Ms Word 2003, tanpa menggunakan bantuan software lain.
Beberapa persiapan yang harus Anda lakukan adalah:
  1. tampilkan toolbar drawing (bila belum muncul), karena semua perintah menggunakan toolbar drawing.
  2. matikan Snap objects to grid, dengan cara klik Draw yang ada di toolbar drawing. Klik Grid… dan hilangkan tanda centang di depan Snap objects to grid, lalu klik OK. Langkah ini bertujuan agar kita mudah untuk memindahkan object yang kita buat.
Sudah siap semuanya? Baiklah kita mulai pelajarannya.
Pertama-tama buatlah gambar lingkaran terlebih dahulu. Agar hasilnya benar-benar bulat, tekanlah tombol shift ketika Anda mengklik dan menyeret mouse untuk membuat lingkaran.

Kemudian buatlah satu bulatan lagi di atas lingkaran pertama. Besar dan bentuknya bisa Anda sesuaikan sendiri. Lalu letakkan di bagian atas (lihat gambar).

Beri warna lingkaran pertama. Di sini saya beri warna degradasi dari merah ke hitam. Hilangkan garis tepinya (outline).

Sekarang kita beralih ke lingkaran kedua. Klik Fill color, lalu klik Fill effect…
Pada bagian Colors, biarkan warnanya tetap putih. Geser slider ke arah light.
Kemudian pada bagian Transparency, atur From menjadi 0% dan To menjadi 100%.
Bila sudah, klik OK. Jangan lupa, hilangkan garis tepinya juga.

Dan selesailah bola billyard warna merah dengan effect bola kristal.
Anda bisa mengkombinasikan dengan gambar atau obyek lainnya. Selamat mencoba.

18 October 2012

Menambah Emoticon di Facebook

Anda keranjingan chatting dengan menggunakan facebook? Bila ya, maka tentunya Anda tidak asing lagi dengan emoticon yang ada di facebook.
Tapi emoticon di facebook tidak sebanyak yang disediakan Yahoo Messenger! (YM). Terlebih lagi, emoticon di facebook tidak bisa bergerak (animated ber-extension gif) seperti di YM! Dan kita cukup dibuat repot bila ingin menggunakan emoticon di facebook, karena kita harus menghafal kode-kode smileynya yang cukup banyak.
Berawal dari chatting via facebook dengan salah seorang murid. Waktu itu ia menggunakan emoticon yang disediakan facebook. Dan saya menggunakan juga. Tapi, apa katanya?
Kok pak hakim pake-nya gambar itu-itu aja?
Nah lho.. gengsi khan dikatakan seperti itu oleh muridnya. Maka sambil chatting, saya tanya ke Suhu Google tentang emoticon yang disediakan facebook.
Jadi setiap kali mau kirim emoticon, saya kudu melirik daftar yang diberikan Pakde. Repot? Jelas. Nggak praktis? Sudah barang tentu.
Maka dimulailah perburuan saya, bagaimana mengatur emoticon di facebook layaknya di YM! Tinggal klik dan klik. Dan hasilnya berikut ini.
1. Tambahkan Greasemonkey ke dalam Mozilla Firefox Anda.
(Bagi yang sudah terpasang Greasemonkey, silakan langsung menuju tahap ke-2). Klik add-on greasemonkey di sini. Kalo mau langsung install klik di sini aja.
greasemonkey
Install add-ons tersebut di firefox anda. Dan restart firefox Anda.
2. Setelah itu install script yang disediakan oleh situs userscript atau klik di sini untuk langsung menginstall.
userscript
Setelah semua terinstall, restart kembali firefox anda.
3. Buka facebook anda dan coba chat dengan seorang teman, maka daftar emoticon akan tampil di halaman chat anda.

Setelah saya menggunakan cara ini, ketika chatting kembali dengan siswa tadi, giliran murid saya yang kebingungan. Kok bisa sih? katanya. He..he... Guru dilawan (ups.. malah menyombongkan diri.. sorry deh)

UPDATE
Sekarang, Anda bisa menambahkan langsung fasiltas emoticon ini dengan menggunakan Add-ons yang disediakan oleh Mozilla Firefox. Klik di sini untuk install atau di sini untuk melihat keterangannya.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Bila sudah berhasil, silakan tinggalkan pesan. Bila masih belum, ya tanya tetangga sebelah… karena internet tetangga lebih cepat… he..he..

11 October 2012

Chatting YM dengan Multi Akun

Yahoo Messenger (YM!), merupakan salah satu fasilitas chating favorit yang disediakan Yahoo.
Biasanya dalam satu komputer, kita hanya bisa sign in menggunakan 1 akun pada saat bersamaan.
Nah, bagi yang mempunyai YM! lebih dari 1 (seperti saya), cukup kerepotan bila berkali-kali sign in dan sign out untuk berpindah antar YM!
Namun kini itu bukan masalah lagi. Dengan menggunakan YM Multi, maka kita bisa membuka beberapa akun YM! sekaligus dalam satu komputer.
Dan caranya cukup sederhana. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Yang pertama dan utama, harus sudah terinstall YM! terlebih dahulu. Terserah mau versi berapa aja. Kalo belum punya, download langsung dari website yahoo.
  2. Lalu donlud juga Yahoo Messenger Multi Login yang banyak tersedia di jagad maya ini. Tanya sama pakde Google. Kalo saya pake yang satu ini. Ukurannya mungil banget, cuma 44.0 KB.
  3. Jalankan yahoo multi login.exe yang sudah didonlud.
  4. Aktifkan pilihan Enable YM Multi.
  5. Nah sekarang Anda bisa membuka beberapa YM! yang Anda miliki sekaligus.
Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

06 October 2012

Cara Paling Mudah Menangkal Virus

Siapa yang tidak kenal dengan virus? Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis (sumber: wikipedia.org). Terlebih baru-baru ini, muncul sebuah penyakit yang cukup menghebohkan dunia, dan memakan korban jiwa. Virus H1N1 atau biasa disebut Flu Babi. Virus yang semula diduga berawal dari mereka yang mengkonsumsi atau bersentuhan dengan babi.
Dalam dunia komputer, kita juga mengenal istilah virus. Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. (sumber: wikipedia.org).
Virus komputer ini memang tidak sampai memakan korban jiwa, tapi korban perasaan, fikiran dan uang jelas biasanya akan terjadi.
Bagaimana tidak, dokumen-dokumen penting yang sudah kita ketik tiba-tiba hilang atau ketika dibuka isinya bahasa sandi.
Namun, sebagaimana virus biologis, virus komputerpun sekarang sudah tersedia penangkalnya. Baik yang berbayar semacam Norton, McAfee, Kapersky dan produk-produk lainnya (kecuali yang bajakan), juga tersedia yang gratisan. Ada satu Anti Virus yang sekarang ini banyak digunakan, yaitu Smadav yang bisa didownload secara cuma-cuma lewat websitenya, dan sekarang sudah keluar versi 6 yang asli buatan anak negeri.
Tapi sebetulnya, virus berhubungan dengan pola hidup ataupun pola penggunaan komputer yang terkadang tidak ‘sehat’. Dengan mengetahui penyebab utama timbulnya virus tersebut, maka kita akan lebih mudah untuk menangkalnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar kita tidak dipusingkan dengan virus komputer yang jumlahnya bertambah setiap hari.
  1. Jangan asal colok flash disk. Penyebaran terbesar virus di Indonesia adalah melalui media yang menjadi primadona ini. Disamping bentuknya yang mungil dan imut-imut, daya simpannya juga besar.
  2. Jangan suka main di tempat yang ‘kotor’. Seperti halnya dalam hidup, tempat kotor identik dengan kuman, virus, bakteri, dan organisme super kecil lainnya. Begitu juga dengan dunia komputer. Bagi Anda yang suka kelayapan di dunia maya, hendaklah berfikir 15 kali bila hendak mengakses situs-situs kotor. Karena tak jarang, situs-situs tersebut mengandung virus yang dapat membahayakan komputer kita. Syukur-syukur bila Anda anti pati dengannya.
Sesuai dengan pengalaman pribadi, dengan memperhatikan 2 hal di atas, alhamdulillah komputer saya sampai sekarang sehat wal afiat. Dan untuk mengatasi hal pertama di atas, ketika kita tidak bisa tidak harus menggunakan flash disk, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.
1. Matikan fungsi auto run/Autoplay yang ada di komputer.
Caranya cukup mudah. Untuk OS Windows XP (Windows 98 tidak ada auto run), klik Start>Run… Ketik gpedit.msc dan tekan Enter/OK.
Masuk ke bagian Administrative Templates>System (ada dua, yang satu Computer Configuration, yang satu User Configuration)
Cari bagian Turn off Autoplay dan klik 2 kali. Pilih Enable dan All drive
2. Perlihatkan file-file tersembunyi dan tampilkan ekstension file
Virus biasanya akan menyembunyikan file-file asli, dan menggantinya dengan file lain dengan nama sama. Pada beberapa kasus, biasanya korban akan membuka lewat file yang telah disodorkan virus tadi. Cara nomor 1 di atas tidak ada fungsinya, jika cara kedua ini tidak dilakukan. Karena masih ada kemungkinan kita membuka file yang berisi virus.
Sama seperti nomor 1, cara kedua ini juga cukup mudah. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke Windows Explorer. Kemudian klik Tools>Folder Option… (bila komputer sudah terinfeksi virus, biasanya menu Folder Option ini akan disembunyikan)
Langkah selanjutnya klik tab View dan cari Hidden files and folder. Pilih show hidden files and folders.
Yang terakhir, jangan lupa buang centang pada hide extensions for known files types. Lalu klik OK
Nah itu beberapa hal yang bisa saya share, mudah-mudahan bermanfaat. Dan sekali lagi perlu diingat, sebuah kejahatan bisa datang bukan hanya karena ada keinginan, tapi juga karena adanya kesempatan. 

15 December 2010

Payment I dari AdreviewCamp



Sebetulnya sejak saya daftar di Adreviewcamp, saya ingin mengulas tentang peluang bisnis PTR (paid to review). Bisnis online yang membayar kita bila kita mereview (menulis) tentang suatu produk. Namun saya menunggu hasil konkret terlebih dulu, biar lebih menyakinkan. 8-)

Dan setelah menunggu dengan perasaan yang tak karuan, akhirnya datang juga yang ditunggu-tunggu. Kemarin pas ngecek email, ada pemberitahuan bahwa ada kiriman uang ke account paypal saya.

Dengan sedikit pesimis, kubuka account paypal. Dan ternyata bener, ada kiriman dari Adreviewcamp. Yah, jumlahnya nggak banyak sih. Cuma $2,5. Tapi kiriman ini membuatku lebih optimis untuk lebih menekuni bisnis online. Karena dengan tugas yang tak terlampau sulit, apalagi sampai keringetan, jumlah itu sudah cukup buatku.

Makanya, kalau Anda terbiasa menulis, salurkan saja kebiasaan itu dengan membuat blog. Lalu daftar di Adreviewcamp. Tambahkan blog yang dipunyai ke dalam Adreviewcamp. Dan tunggu order yang dikirimkan oleh Adreviewcamp.

Keunggulan dari Adreviewcamp dari PTR yang lain adalah, di sini kita bisa menentukan sendiri berapa harga yang kita inginkan untuk setiap tulisan. Kalau blog kita sudah memiliki PR yang tinggi, cantumkan saja harga yang pas. Atau kalau baru merintis, jangan terlalu tinggi menghargai blog kita.

Pembayaran order review akan dilakukan setiap tanggal 5-10, dengan minimal payout adalah Rp 10.000. Bentuk payment bisa menggunakan bank lokal, seperti Mandiri atau BCA. Bisa juga dengan menggunakan Paypal. Kebetulan saya belum punya rekening di Mandiri atau BCA, jadinya pakai yang di paypal dulu(daftar di sini kalau belum punya account paypal). Nggak papa lah, hitung-hitung buat inves. Siapa tahu ada yang bisa dibeli dengan dollar di paypal itu. Seperti waktu dapat $8 dari Whislist Paypal kemarin, yang akhirnya saya belanjakan untuk mendaftar di RahasiaWebsitePemula.

Buat Adreviewcamp, terima kasih atas kerja samanya. Saya tunggu orderan berikutnya. :D

14 December 2010

Menghubungkan Blog dengan Domain CO.CC


CO.CC adalah salah satu penyedia domain gratis yang banyak diminati.
Dengan menggunakan CO.CC, maka nama blog kita yang panjang bisa diperpendek. Sehingga lebih mudah diingat dan tentu saja terlihat lebih keren bila dibandingkan ada embel-embel blogspot ataupun wordpress di belakang nama kita.

Tapi seringkali teman yang sudah terlanjur tahu dengan nama blog kita yang panjang, akan tetap mengakses lewat alamat lama tersebut. Atau teman yang memasang link, akan tetap mencatumkan alamat asli blog kita. Alhasil, usaha untuk mensosialisasikan domain di CO.CC terancam terhambat. Dan kesempatan ngeceng dengan domain pendek pun ikut terancam, karena mereka tetap mengakses lewat alamat lama.

Namun jangan khawatir. Ada berita bagus buat Anda. Pihak CO.CC telah berbaik hati memberikan sistem auto dirrect, sehingga bila ada mengakses lesat alamat yang suppeeer panjang itu akan diteruskan ke domain CO.CC yang kita miliki.

Ikuti langkah-langkah yang simpel dan mudah berikut ini yang ditampilkan dalam bentuk gambar. Namun sebelumnya Anda harus punya account di CO.CC terlebih dahulu. Bila belum punya, silakan daftar di sini:









09 December 2010

PTW - Lihat Video Dapat $$



Postingan ini khusus untuk para kliker yang ngiler kalo liat dollar $$$$.
Mungkin sebagian sudah pada tahu atau sudah pernah dengar atau malah sudah sering biyayakan ke Youtube.com. Website yang khususon buat ngliat video yang diupload membernya.

Eh.. ternyata, ada juga lho yang mau membayar kita kalau mau nonton video di youtube. Apa nggak ngiler tuh.

Namanya Paid2YouTube.com, hampir sama dengan PTC. Bedanya, kalao PTC yang ditampilkan adalah website yang diiklankan, kalau Paid2YouTube.com yang dilihat pideo.

Prosesnya mudah! Anda cukup klik video, nikmati videonya, dan kumpulkan dollar. Dollar men! Dollaar!
Sampeyan akan dibayar sebesar:
  • $ 0,05 saat daftar (bayangin, baru daftar aja langsung dapat $)
  • $ 0,005 untuk setiap video yang dilihat.
  • $ 0,10 untuk setiap komentar yang diberikan.
  • $ 0,15 untuk setiap langganan yang dibuat.
  • $ 0,001 untuk melihat Cheap Ads (setiap hari ada >300 video)

Jadi setiap harinya, kita bisa ngumpulin = $ 0,375
Kalo seminggu = $ 2,625
Pendapatan per bulan = $ 10,5
Payout dapat dilakukan setiap hari dan diproses melalui PayPal. Minimum payout adalah $ 10.00. Jadi tiap bulan kita bisa payout. Beda kan dengan PTC?

Bagaimana, tertarik? Ayo daftar aja sekarang di Paid2YouTube. Klik di sini deh, pasti ngiler!
 

Pokjar nGeblog