02 November 2010

Mematikan Autorun Lewat Registry (2)

Pada artikel sebelumnya, telah kita bahas sedikit tentang mematikan autorun pada flashdisk. Sekarang kita lanjutkan pembahasan kita.


Mematikan AutoRun pada semua drive

Untuk mematikan Autorun pada seluruh drive, Anda harus memasukkan nilai 1 (OFF) di seluruh bit number yang ada. Dengan demikian diperoleh nilai 11111111 (binary). Nilai tersebut sama dengan 255 (desimal) atau FF (heksadesimal).
Langkah yang dapat dilakukan adalah, jalankan Regedit melalui “Start | Run” lalu ketik Regedit dan tekan [Enter].  Saat registry editor aktif, masuk ke lokasi:
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
Setelah masuk ke subkey Explorer, di sisi kanan registry editor akan terdapat NoDriveTypeAutoRun, lalu klik ganda hingga muncul window Edit DWORD Value.
Image
GAMBAR 3. Window Edit DWORD Value dari NoDriveAutoRun.

Perhatikan kolom Base ketika memasukkan nilai di kolom Value data. Defaul­t­nya adalah Hexadecimal. Isi kolom Value data dengan nilai FF. Jika ingin memasukkan nilai 255, ubah ke Decimal di kolom Base. Selanjutnya, klik OK dan restart komputer.

Mematikan AutoRun CD-ROM
Untuk mematikan fungsi autorun di CD-ROM, bit ke-5 harus Anda ubah. Yang semula nilainya 10010101 diubah menjadi 10110101. Nilai 10110101(binary) sama dengan 181 (desimal) atau B5 (heksadesimal). Selanjutnya, masukkan nilai tersebut ke dalam NoDriveTypeAutoRun.
Image
GAMBAR 4. Pembagian bit dalam NoDriveTypeAutoRun.

Mewaspadai flash disk
Waspadai ancaman virus ketika Anda mengakses flash disk. Meskipun fungsiAutorun telah dimatikan, virus akan tetap aktif saat akses dilakukan mela­lui panel sebelah kanan window Windows Explorer.
Hal itu dapat terjadi karena pengembang virus telah mampu memanipulasi sejumlah perintah Autorun, seperti shellexecute, shell\open\command, dan shell\explore\command. Disarankan, tetap meng­­akses file atau data di flash disk mela­lui panel sebelah kiri (folder tree) agar terhindar dari virus.

0 komentar:

Post a Comment

Berikan komentar Anda dengan santun

 
free counters

Pokjar nGeblog