06 January 2010

Mematikan Autorun Lewat Registry (1)

ImageAutorun atau autoplay memang awalnya memudahkan bagi pengguna komputer. Dengan cara ini, maka kita tidak perlu membuka suatu program. Autorun/autoplay biasanya menyertai dalam sebuah cd program paketan. Namun, sekarang kemudahan itu harus kita hapus dari kamus kita. Karena ada orang yang menyalahgunakan fasilitas ini untuk menyebarkan virus, yang mendompleng fasilitas autorun/autoplay. Maka, sebelum terlambat lebih baik matikan autorun di Windows untuk meminimalisir penye­baran virus dan spyware. Bagaimana me-nonaktif-kan fea­ture ter­sebut? Simak artikel berikut ini.


Akibat penyalagunaan feature Autorun, kini banyak virus menyebar di PC. Untuk itu, non-aktifkan sementara waktu feature tersebut melalui Windows registry. Di dalam Windows registry terdapat dua nama value yang dapat Anda manfaatkan, yaitu NoDriveAutoRun dan NoDriveTypeAutoRun.
Nama value pertama akan mematikan Autorun berdasarkan huruf drive dan yang kedua akan mematikan berdasarkan jenis drive.

Mengatur berdasarkan huruf drive

NoDriveAutoRun dipakai untuk mematikan fungsi Autorun
pada drive tertentu berdasarkan huruf yang mewakilinya. Jenis value yang dipakai adalah REG_DWORD dan dapat diakses melalui
User Key:
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
System Key:
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
NoDriveAutoRun berbasiskan 32-bit karakter untuk mengendalikan drive yang akan diatur feature Autorun-nya. Untuk mempermudah pengaturannya, perhatikan tabel 1. Drive mewakili huruf drive yang akan diatur konfigurasinya. Bilangan­ desimal menunjukkan isi data dari nama value dalam basis 10 dan heksadesimal menunjukkan data dalam basis 16.
Contohnya, Anda akan mematikan fungsi Autorun pada drive E. Isi NoDriveAutoRun dengan 16 (desimal) atau 10 (heksadesimal). Untuk melumpuhkan fungsi Autorun lebih dari satu drive, misalnya drive E dan F, isi datanya adalah E (16) + F (32) = 48 (desimal) atau 30 (heksadesimal).
Jika seluruh drive akan dimatikan, nilai datanya 67108863 (desimal) atau 3FFFFFF (heksadesimal). Kesimpulannya, untuk mematikan feature Autorun, Anda harus menjumlahkan nilai yang mewakilli drive yang ingin dimatikan.

0 komentar:

Post a Comment

Berikan komentar Anda dengan santun

 
free counters

Pokjar nGeblog